Pages

Subscribe:

Jumat, 06 Mei 2011

Free Download Software Full Version Newbie Style…!!!

ni tulisan saya buat karena kemaren waktu ujian praktik, 99% siswa/i kelas X TKJ gak ada yang install Ubuntu lewat media FD, semuanya lewat CD, padahal di soal udah ane jelasin kalo media instalasinya adalah FD. Lagian ntu soal udah ane kasih 1 minggu sebelum ujian dan udah ane ajarin juga cara bikinnya gimana. Entah karena gak baca soalnya dulu, atau karena gak memahami. Entahlah….
Oke sekarang adalah caranya…
Sebenernya ada dua cara yang pertama lewat Live CD-nya (atau via ubuntu-nya langsung software bawaan ubuntu) dan yang kedua pake software UNetbootin, terserah enak yang mana.
Cara yang pertama lewat Live CD-nya atau lewat Ubuntu-nya langsung
  1. Siapkan file iso Ubuntu-nya (ini untuk membuat installer-nya), kalo belum punya silahken di donglod dolo.
  2. Masukkan CD Ubuntu 10.04 nya, naah ntar klo ada pilihan pengen nyoba aja atau install. Silahkan pilih yang coba (try) tanpa install.
  3. Nah kalo udah masuk, sekarang silahkan buka di System–Administration–Startup Disk Creator.
  4. Nah sekarang pada tombol other itu untuk mencari file .iso-nya, pada bagian disk to use itu, cari flasdisk anda lalu pilih FD-nya, hehehehe untuk pilihan stored itu untuk penyimpanan extra kalo ntar ada apa-apa.
  5. Kalo dah beres, silahkan tekan tombol Make Startup Disk.
  6. Tunggu aja mpe selesai, biar afdol ini ada contoh gambarnya. 


Nah susahnya cara ini yaa kita mesti bikinnya di PC/Laptop yang ada CD/DVD Romnya atau paling ndak PC/Laptop yang udah terinstall ubuntu 10.04.
Terus kalo gak ada gimana? Kalo gak ada cara kedua jelas lebih ekfektif, dan mungkin lebih maknyus. Hehehehehe Ini bisa anda gunakan di OS Windows atau bisa juga di berjalan di OS berbasiskan Linux (banyak macemnnya kalo ndak salah, tapi yang pernah ane coba bikin di OS Ubuntu 10.04)
Nama softwarenya UNetbootin, silahken donglod di http://unetbootin.sourceforge.net/#install, tinggal pilih aja tuh yang mau dipake dimana, Windows apa Linux, cara instalasi dan pemakaiannya pun ada. Tinggal ikutin aja bro. Atau gini bro :
  1. Siapkan file .iso nya
  2. Pilih disk image, kemudian cari file-nya (yang tadi udah disiapin)
  3. Type pilih USB Drive, pilih yang mana drive flasdisk anda
  4. Silahken klik Oke, tunggu sampai proses selesai.
  5. Kalo ndak ada masalah, insyaAllah selesai. 

Oiya ini gak hanya untuk distro-nya ubuntu loh, banyak distro yang bisa dibikin bootable lewat flasdisk. Silahken cek aja di situsnya, ane coba hanya untuk distro ubuntu. Dan sukses jalan kok.
Btw, kalo mau install via FD, jangan lupa ntar disetting BIOS-nya biar first boot-nya adalah FD, kalo gak disetting ntar percuma juga.
Oke deh, semoga dengan hadirnya postingan ini dapat menambah khasanah pengetahuan kita tentang media-media penginstallan Linux, terkhusus Ubuntu.
1050032900957771246 6621995222928185017?l=sulae.blogspot Membuat Installer Ubuntu di Flasdisk (Boot Lewat FD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

homezwork

sitti.co.id